Museum Paling Instagramable & Hits di Jakarta


Museum Macan Jakarta

Kalau kamu sedang berada di Jakarta, jangan lewatkan kesempatanmu untuk menyambangi museum yang sedang hits. Ya, Museum MACAN berada di area Kebon Jeruk, Jakarta Barat dan akan membuat jalan-jalanmu di ibu kota jadi lebih berkesan.

Museum MACAN bukan tentang pajangan spesies macan, ya. Tapi, itu merupakan singkatan dari Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara.

Beberapa instalasi seni di gedung tersebut menawarkan sudut yang sulit diabaikan untuk mengabadikan foto. Nah, berikut ini adalah 12 spot instagramable yang ada di Museum MACAN.

Spot Instagramable Museum Macan

1. Dots Obsession – Yayoi Kusama

Musemu Macan Jakarta - Dots Obsession
Photo by Rizky Rachmadina on Instagram

Instalasi seni ini merupakan pajangan wajib yang kamu saksikan di Museum MACAN. Dots Obsession menggabungkan ruang cermin tak terhingga dengan kotak intip di antara balon bermotif polkadot. Sesuai namanya, instalasi besar ini menunjukkan obsesi senimannya, Yayoi Kusama terhadap polkadot. Jadi, jangan heran kalau datang ke area pameran seniman Jepang ini menemukan berbagai motif polkadot.

2. Infinity Mirrored Room-Brilliance of the Souls – Yayoi Kusama

Museum Macan Jakarta - Infinity Mirrored Room-Brilliance of the Souls
Photo by Renda on Instagram

Kamu harus mengantre panjang saat mengunjungi spot ini. Instalasi ini berada di dalam ruangan dengan bola-bola kecil berwarna-warni yang menyala serta dikelilingi cermin pada setiap sisi temboknya. Jadi, kamu seolah-olah akan berada di ruangan tanpa batas.

3. My Eternal Soul – Yayoi Kusama

Seri lukisan My Eternal Soul adalah sudut yang sangat instagramable bagi pengunjung museum. Pelukisnya menggunakan warna cerah dan bentuk kekanak-kanakan dalam pameran lukisan tersebut. Tinggal berada di sekitar area pajangan lukisan, kamu akan terlihat makin menawan dalam potret foto.

4. I Want to Love on the Festival Night – Yayoi Kusama

Instalasi seni ini berbentuk balok cermin yang dapat diakses dengan memanfaatkan lubang untuk mengintip lewat memasukkan kepala.

Ruangan kaca di dalamnya berisi lampu dengan pantulan cahaya yang menyala berwarna. Tapi karena banyak antrean, kamu harus memanfaatkan waktu dengan baik saat mengakses karya ini.

5. Narcissus Garden – Yayoi Kusama

Spot ini berupa 1.500 bola-bola stainless steel dengan cermin sehingga dapat memantulkan bayangan pengunjung.

Namanya saja narcissus, jadi kamu bisa puas bernarsis ria untuk mengambil foto di ruangan instalasi seni ini. Sebelum dipajang di museum MACAN, karya ini juga sudah pernah ditampilkan di Venice Biennale.

6. Great Gigantic Pumpkin – Yayoi Kusama

Patung labu raksasa ini bisa menjadi sudut menarik untuk dikunjungi saat berada di dalam museum. Terdapat patung labu raksasa berwarna kuning dengan polkadot hitam hingga menjadikannya begitu menggemaskan.

Selain labu raksasa tersebut, kamu juga bisa berfoto di antara ribuan labu kecil di sekitarnya yang lucu-lucu.

7. The Obliteration Room – Yayoi Kusama

Ruangan ini akan menawarkan pengalaman yang berkesan saat dikunjungi. Kamu akan menerima stiker bulat berwarna-warni.

Memasuki ruangan tersebut, pengunjung diberi kesempatan secara bebas untuk menempelkan stiker polkadot tersebut di setiap sudut ruangan.

Sehingga, dinding ruangan akan berfungsi sebagai kanvas bagi pengunjung. Oh ya, kamu bisa bebas karena tidak ada batasan waktu saat berada di ruangan ini.

8. I Love You – Arahmaiani

Museum macan I Love You
Photo by Windy on Instagram

Instalasi seni ini bukan sekadar cinta biasa, tapi cinta untuk sesama manusia, ya. Dengan aksara Arab gundul, karya Arahmaiani dibuat dari bantal kain berwarna-warni dengan tulisan I Love You.

Berfoto di spot ini akan mempopulerkan citra Islam sebagai agama yang damai.

9. Do Not Prevent the Fertility of the Mind – Arahmaiani

Museum macan - dont prevent the fertility
Photo by Moerat Sitompul on Instagram

Karya seni dari seniman Indonesia ini memiliki pesan yang kuat dan dalam. Instasanya berupa pembalut yang disusun menjadi tembok dengan gelas kaca berisi cairan merah menyerupai darah.

Ada pula foto Arahmaiani dengan kostum perawa sambil memegang gunting dan alat kontrasepsi. Kamu bisa berfoto di sini untuk menggemakan suara perempuan yang lantang atas pengendalian tubuh perempuan.

10. The Mending Project – Lee Mingwei

Museum macan -  the mending project
Photo by Harry Mauladi on Instagram

Seniman Taiwan-Amerika ini menawarkan pengalaman konseptual interaktif bagi pengunjung Museum MACAN dengan puluhan gulungan benar berwarna-warni di dinding. Kamu bisa membawa pakaian yang ingin diperbaiki, lalu dapat berinteraksi dengan seniman sembari memperbaiki pakaian sendiri.

11. The Letter Writing Project – Lee Mingwei

Museum macan jakarta - the letter writing project
Photo by Merry Hasian Sinurat on Instagram

Dalam instalasi seni seni, pengunjung diajak menulis surat yang tak tersampaikan. Desain interior ruangan ini juga menenangkan dengan aksen cerah berwarna putih. Surat yang ditulis pun dapat dicantumkan alamat lengkap penerima sehingga akan dialamatkan saat masa pameran berakhir.

12. One Million Years – On Kawara

Pertunjukan seni ini melibatkan sepasang laki-laki dan perempuan yang membacakan nama tahun mulai dari 998.031 SM hingga 1.001.997 M. Terbagi menjadi dua bagian, yaitu ‘One Million Years (Past) dan ‘One Million Years’ (Future), kamu bisa menyaksikan pementasan tersebut dari sekitar kotak kaca tempat pembaca berada.

Bagaimana, makin tidak sabaran untuk berkunjung ke Museum MACAN? Pastikan destinasi ini masuk dalam itinerary saat berkeliling di Jakarta, ya!

Untuk urusan transportasi dan akomodasi, kamu tidak perlu khawatir lagi karena tripcetera.com dapat menawarkan harga terbaik.

Dapatkan Hotel murah di Jakarta dengan kualitas terbaik sebagai pelengkap perjalanan kamu di jakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *