8 Protokol Kesehatan Saat New Normal yang Harus diperhatikan


Sosialisasi new normal yang belakangan ini sering di sosialisasikan dan disebut akan menjadi kebiasaan baru masyarakat selama pandemi Covid19 ini terus di galakkan. namun, apakah kamu sudah paham dengan new normal yang di maksud?

New normal adalah kebiasaan baru umat manusia yang terjadi setelah pandemi meliputi berbagai macam aspek kehidupan secara umum baik sosial maupun kesehatan.

Protokol kesehatan saat new normal mengatur pola hidup baru manusia agar terhindar dari virus covid19 sehingga diharapkan bisa mencegah penularan virus ini.

Protokol Kesehatan New Normal

1. Menggunakan Masker

Protokol kesehatan new normal
sumber : kumparan

Masker merupakan alat utama perlindungan diri dari virus covid19, Menggunakan masker ketika keluar rumah atau di tempat kerja merupakan hal yang wajib bahkan sudah diatur oleh pemerintah, beberapa daerah bahkan memberikan hukuman dan sanksi bagi masyarakat yang keluar rumah tanpa menggunakan masker.

penggunaan masker yang tepat akan mencegah kita terpapar virus corona, ada berbagai jenis masker yang dijual di luar sana, namun masing-masing jenis masker memiliki efektivitas yang berbeda-beda dalam mencegah masuknya virus ke tubuh kamu.

dari mulai masker skuba hingga n95 tidak semua nya bisa sembarangan kita pakai, berdasarkan penelitian masker skuba dan buff hanya bisa melindungi kita dari virus dengan efektivitas 0 – 5% saja, masker kain 3 lapis mempunyai efektivitas 50-70%, masker bedah 80-90% sedangkan masker n95 90-100%.

jika dilihat dari efektivitas nya, masker skuba dan buff sangat tidak efektif digunakan, minimal kita bisa menggunakan masker kain 3 lapis ketika keluar rumah untuk mencegah penyebaran virus corona.

[irp posts=”6120″]

2. Menjaga Kebersihan Tangan

mencuci tangan dengan benar

Menjaga kebersihan tangan merupakan hal yang wajib dilakukan dalam era new normal saat pandemi covid19 ini, karena tangan merupakan salah satu media utama penyebar virus, kuman maupun bakteri.

kita dianjurkan untuk menjaga kebersihan tangan dengan cara mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir secara benar selesai beraktifitas atau melakukan kegiatan.

Selain mencuci tangan menggunakan sabun, kita juga bisa membawa hand sanitizer yang bisa di gunakan setiap saat ketika di butuhkan.

3. Tidak Menyentuh Wajah Sembarangan

Terkait dengan protokol kesehatan sebelumnya yaitu menjaga kebersihan tangan, selanjutnya adalah menghindari menyentuh wajah jika belum memastikan tangan sudah bersih. Area wajah seperti mata, hidung dan mulut bisa jadi pintu gerbang yang mudah ditembus oleh penyakit atau virus yang ada di tangan.

Namun, sebaiknya kamu tetap menghindari menyentuh wajah di tempat umum meskipun tangan kamu sudah bersih, bisa jadi kamu lupa telah menyentuh benda lain setelah mencuci tangan dengan bersih.

4. Menutup Mulut dan Hidung Ketika Bersin

Menutup mulut dan hidung ketika bersin memang sudah seharusnya dilakukan meskipun tidak pada era new normal, tapi yang perlu diperhatikan saat ini adalah cara menutup bersin yang tepat.

jika sebelumnya kamu menutup mulut dan hidung menggunakan telapak tangan, maka mulai sekarang sebaiknya hal tersebut di hindari, karena telapak tangan merupakan salah satu media penyebar virus.

kalian bisa menutup mulut dan hidung ketika bersin menggunakan siku bagian dalam, karena siku bagian dalam jarang bersentuhan langsung dengan benda atau orang lain sehingga dirasa lebih aman dan efektif untuk digunakan.

5. Menjaga Jarak

Menjaga jarak atau phisycal distancing sudah di atur dan disosialisasikan oleh kementerian kesehatan.

semua masyarakat yang beraktifitas atau bekerja harus menjaga jarak sekurang-kurangnya 1 meter dari orang lain.

bahkan di tempat kerja atau tempat makan kamu tidak boleh duduk berdekatan, tujuan dari physical distancing adalah untuk meminimalisir droplet dari orang lain sehingga penyebaran virus covid bisa di minimalisir.

[irp posts=”6257″]

6. Menghindari Penggunaan Alat Pribadi Secara Bersama

Disaat pandemi covid19 seperti sekarang, semua orang harus menghindari penggunaan alat pribadi secara bersama seperti alat sholat, alat makan dan lain-lain.

jika kamu ingin makan atau beribadah usahakan selalu membawa sendiri alat yang akan kamu gunakan, kamu tidak tahu alat-alat di tempat umum tersebut sudah digunakan siapa saja dan dengan riwayat penyakit apa.

sehingga untuk menjaga diri dari penyebaran virus usahakan membawa peralatan pribadi kalian masing-masing.

7. Menjaga Kesehatan dan Daya Tahan

untuk menjaga daya tahan dan kesehatan tubuh, kita dianjurkan mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk dan jambu, selain itu bisa di barengi dengan mengkonsumsi suplemen atau multivitamin.

[irp posts=”6253″]

8. Melakukan Isolasi Mandiri

Jika kamu mengetahui tubuh mu punya gejala-gejala mirip dengan infeksi Covid-19 atau memang sedang tidak sehat, kamu lebih baik mengkarantina dirimu sendiri di dalam rumah. Karantina atau isolasi mandiri ini tentu akan membantu banyak orang dan memutus mata rantai penularan virus covid-19 ini.

itulah 8 poin terkait protokol kesehatan di era new normal yang harus diperhatikan, selama pandemi covid 19 ini belum berakhir dan belum di temukan vaksin, maka pola kehidupan kita yang harus berubah.

Semoga pandemi ini segera berakhir dan kamu bisa segera berlibur lagi ke berbagai tempat wisata indah untuk menikmati alam indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *